Categories
Berita

Manfaat Minyak Urang Aring dan Cara Membuat Minyak Urang Aring

 

Urang aring merupakan sejenis tumbuhan di wilayah tropis dan juga subtropis, termasuk Indonesia. Urang aring bisa tumbuh di banyak tempat dan kondisi. Jika diteliti lebih dalam, urang aring masuk dalam kategori tanaman rumput. Urang aring dapat beradaptasi di tempat basah, sungai, parit, rawa maupun di tempat-tempat sulit air. Bahkan urang aring bisa tumbuh secara liar sebagai gulma (tanaman pengganggu) bagi tanaman lainnya.

Tanaman urang aring bisa mencapai tinggi 80 cm dengan posisi tumbuh terkadang tegak dan terbaring. Batangnya bulat berwarna hijau kecoklat coklatan dan berambut agak kasar warna putih. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dengan bentuk bulat telur memanjang, ujung daun runcing, pinggir bergerigi halus, kedua permukaan daun berambut dan agak kasar.

Tanaman urang aring memiliki bunga majemuk berbentuk bongkol warna putih kecil-kecil. Buahnya berbentuk bulat telur, keras, berbulu, dan berwarna hitam.

 

Cara Pembuatan Minyak Urang Aring

 

Agar bisa digunakan sebagai minyak rambut, daun urang aring harus diekstrasi terlebih dahulu. Caranya rendam daun urang aring yang masih segar ke dalam air, lalu remas-remas sampai mengeluarkan sari pati. Sari pati yang bercampur dengan air inilah yang dinamakan minyak urang aring. Jadi meskipun dinamakan minyak urang aring, tidak dibuat berdasarkan prinsip pembuatan minyak, tetapi hasil dari ekstrasi daun urang aring.

 

Manfaat dan Kegunaan Minyak Urang Aring

 

Sebenarnya apa saja manfaat dan kegunaan minyak urang aring itu? Yuk, simak beberapa manfaat minyak urang aring berikut ini

 

1.Menyuburkan rambut

 

Menyuburkan rambut dengan minyak urang aring in telah digunakan sejak zaman dahulu, sebelum adanya shampoo. Urang aring mengandung wedelolactone dan desmethylwedelolactone, dimana kedua senyawa tersebut bermanfaat memperbarui sel-sel rambut dan kulit kepala, sehingga rambut selalu tumbuh subur. Untuk menyuburkan rambut, anda bisa menggunakan minyak urang aring yang proses pembuatannya telah dijelaskan pada tulisan diatas. Anda tinggal mengoleskan minyak urang aring ke kepala dan bagian rambut anda

 

2.Membuat rambut hitam berkilau

 

Urang aring mengandung ecliptine (zat pewarna hitam). Zat ecliptine tersebut berfungsi menghitamkan rambut, menjaga kilau rambut, dan mendinginkan kulit kepala.

 

3.Membasmi ketombe

 

Ketombe disebabkan karena kulit kepala kering akibat kurang nutrisi, adanya jamur di kulit kepala, penumpukan polusi,keringat, dan debu. Minyak urang aring memiliki kemampuan untuk menjaga kelembaban dan mendinginkan kulit kepala, sehingga dapat mencegah datangnya ketombe secara alami.

 

4.Mencegah datangnya uban

 

Dewasa ini uban tidak hanya terjadi pada orang tua saja, tetapi seseorang yang berusia muda juga memiliki uban. Uban bisa tumbuh akibat berbagai faktor seperti stress, genetik, dan kurangnya nutrisi.

 

Melakukan pengecetan rambut terkadang tidak selalu aman karena bahan kimia didalamnya bisa membahayakan rambut itu sendiri. Uban bisa dihindari dengan menggunakan bahan alami seperti minyak urang aring. Anda bisa mengoleskan minyak urang aring ke rambut dan kulit kepala, lalu lakukan pijatan agar meresap sampai dalam.

 

Selain manfaat bagi perawatan rambut, urang aring juga memiliki khasiat bagi kesehatan

 

5.Mengatasi keputihan

 

Untuk wanita yang sering mengalami keputihan, ada baiknya mencoba daun urang aring untuk mengatasinya. Daun urang aring memiliki kemampuan anti jamur, sehingga bisa menghilangkan jamur penyebab keputihan. Caranya siapkan sekitar 30 gram daun urang aring segar ditambah kaldu ayam di tim, kemudian minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *