Categories
Berita

Cegah Nyamuk Dengan 8 Tanaman Pengusir Ini

Tanaman Pengusir Nyamuk – Keberadaan nyamuk yang datang tanpa diundang di lingkungan kita pasti sangat mengganggu. Banyak orang yang kesulitan tidur akibat digigit nyamuk.

Biasanya nyamuk seringkali menggangu Kita saat tidur dikamar dan untuk itu jika Anda menginginkan desain interior untuk kamar maka bisa memesannya di Jasa interior Jakarta.

Belum lagi beragam penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk diantaranya DBD (Demam Berdarah Dengue) dan malaria.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk seperti fogging, menggunakan obat pengusir nyamuk, maupun dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk.

Menggunakan fogging dan obat nyamuk seringkali berdampak buruk bagi kesehatan karena adanya bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Cegah Nyamuk Dengan 8 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini

Nah, maka dari itu dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk merapakan salah satu solusi terbaik karena lebih hemat, ramah lingkungan dan lebih sehat bagi anggota keluarga kita.

Untuk menghindarkan diri kita dari gigitan nyamuk, tanaman ini biasanya ditanam di sekitar rumah atau diletakan disamping furniture ruangan Anda atau langsung di tubuh. Berikut ini beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah anda

1.Lavender

Tanaman lavender (lavandula agustifolia) berasal dari padang rumput yang ada di satu daerah di kaki pegunungan Alphen Swiss.

Selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata lavender juga bias dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Lavender memiliki tampilan bunga yang indah dan aroma yang sangat harum. Tetapi ternyata aroma lavender tersebut dihindari nyamuk.

Hal ini karena pada lavender terdapat dua zat yang tidak disukai nyamuk, yaitu zat linalool dan lynalyl.

Untuk penggunaan langsung di tubuh, anda bisa meremas-remas bunga lavender, lalu menggosokkan ke bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian.

Sedangkan untuk menghalau nyamuk dari rumah kita, anda bisa menempatkan tanaman lavender di dalam pot di dekat pintu, jendela, atau lubang ventilasi yang ada pada rumah anda.

2.Serai wangi

Tanaman serai wangi atau sereh merupakan jenis tanaman rerumputan yang sangat familiar di masyarakat kita, khususnya ibu rumah tangga karena sering digunakan sebagai penyedap makanan dan minuman.

Tanaman ini bisa anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk karena mengandung zat geraniol dan sitronelol

Kedua zat itu mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Zat sitronelal memiliki racun kontak yang membuat nyamuk mengalami kekurangan air, bahkan bisa membuat nyamuk mati.

Serai wangi tidak cocok ditanam di dalam pot, sehingga agar bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, anda bisa menanamnya di bawah jendela sekitar rumah.

3.Geranium

Geranium atau tapak dara dikenal karena keindahan bunganya. Warna bunga yang indah akan mempesona siapapun yang melihatnya.

Namun di balik keindahannya, ternyata tanaman ini memiliki manfaat lain yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Seperti halnya serai wangi, khasiat tanaman ini dalam mengusir nyamuk disebabkan kandungan zat geraniol dan sitronelol.

Anda sebenarnya bisa menempatkan pot tanaman ini di dalam ruangan (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor). Tapi agar hasilnya maksimal, sebaiknya tempatkan di tempat yang mudah terkena angin, misalnya di dekat jendela. Dengan bantuan tiupan angin itu, aroma geranium yang tidak disukai nyamuk menyebar ke seluruh ruangan dengan cepat

4.Rosemary

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah rosemary atau rosmarinus officinalis.

Rosemary memiliki aroma yang mirip dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Kedua minyak tersebut biasa digunakan pada anak-anak agar tidak digigit nyamuk. Begitu juga rosemary, aroma khasnya sangat ampuh mengusir nyamuk.

Agar dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk, anda bisa menanam tanaman ini di pot ataupun langsung di tanah atau anda juga dapat menggosokkan daunnya ke kulit untuk mencegah gigitan nyamuk.

5.Kecombrang

Kecombrang merupakan tanaman yang cukup populer di Indonesia. Selain digunakan sebagai tanaman hias dan bumbu masakan, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Cukup dengan menanam tanaman kecombrang di sekitar rumah, tanaman ini akan mengeluarkan aroma asam yang tidak disukai nyamuk, sehingga nyamuk akan pergi menjauh dari rumah anda.

6.Bunga kenikir atau marigold

Kenikir biasanya tumbuh secara alami di pekarangan rumah dimana ada jasa desain interior rumah, kantor atau apartement yang dapat diandakan yaitu Arskal.

Masyarakat jawa biasa menggunakan sebagai pelengkap menu pecel. Selain sebagai lalapan, bunga kenikir ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman ini memiliki bau menyengat yang tidak disukai nyamuk. Selain sebagai pengusir nyamuk, kenikir juga memiliki zat racun yang bisa digunakan sebagai pestisida alami yang mampu mengusir hama perusak tanaman.

7.Zodia

Zodia merupakan tanaman yang masuk dalam suku jeruk-jerukan (rutacea). Tanaman ini berasal dari papua tetapi sudah mulai ditanam di berbagai tempat di Indonesia.

Masyarakat Papua sudah sejak lama memanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk dengan cara menggosok daun zodia ke seluruh tubuh.

Zodia memiliki kandungan zat evodiamine dan rutaecarpine yang dipercaya berperan dalam perlindungan terhadap nyamuk dan serangga.

Disamping mengusir nyamuk, daun zodia juga bisa menyembuhkan lengan yang bentol karena digigit nyamuk.

Anda juga bisa menanam tanaman di pot dan diletakkan secara indoor maupun outdoor. Tanaman zodia akan mengeluarkan aroma khas saat daun-daunnya bergesekan.

Aroma yang keluar akibat gesekan daun zodia ini tidak disukai nyamuk, sehingga membuat nyamuk tidak berani mendekat dan pergi.

8.Akar wangi

Akar wangi termasuk ke dalam jenis rumput-rumputan yang tumbuh liar di pekarangan.

Seperti namanya, akar wangi digunakan dalam hal yang berhubungan dengan wewangian. Akar wangi menghasilkan minyak vetiveria yang banyak digunakan dalam industri kosmetik, parfum, dan sabun mandi. selain dimanfaatkan dalam industri kosmetik, tanaman ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman akar wangi ini mengeluarkan aroma yang sangat menyengat yang tidak disukai nyamuk.

Bahkan menanam tanaman ini di pekarangan rumah dapat mencegah penyakit demam berdarah karena nyamuk aedes aegepty juga tidak menyukai aroma akar wangi.

Tanaman di atas memang bermanfaat untuk melindungi keluarga kita dari bahaya nyamuk. Tetapi tidak kalah pentingnya adalah melindungi keluarga dengan cara menjaga kebersihan lingkungan tempat kita tinggal. Jadi, jangan lupa jaga kebersihan lingkungan ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *